Kamis, 02 Oktober 2014

“ CAMPUS ACTIVITY BALANCE ”




Di dalam dunia perkuliahan pasti kita akan di hadapkan oleh beberapa kegiatan yang waktunya bersamaan. Nah sebagai seorang mahasiswa baru kita harus pintar memanage waktu untuk menjadi mahasiswa yang tidak hanya aktif di dalam kelas namun aktif  juga dalam berorganisasi. Di sini ada beberapa tips untuk kalian yang baru saja menjadi mahasiswa baru ( termasuk saya heee ) untuk bisa memanange waktu dengan baik, di antaranya adalah sebagai berikut :
1.      Membuat jadwal.
Jadwal itu sangat penting untuk kita. Apalagi jikalau kita mau aktif dalam berorganisasi pastinya harus mempunyai jadwal yang benar untuk menentukan aktivitas apa saja yang akan  kita lakukan dalam sehari-harinya dan yang pastinya juga kuliahnya tidak keteteran. Kuliah lancer organisasinya pun lancer. Tapi harus di ingat juga dalam ikut berorganisasi kita harus mempunyai tujuan yang jelas, agar saat kita berorganisasi kita tidak sia-sia mengikutinya. Membuat jadwal itu salah satu fungsi nya yaitu untuk mendisiplinkan kita dan menjadikan kita istiqomah dalam menjalaninya. ^_^
2.      Jaga kesehatan.
Menjaga kesehatan juga salah satu factor utama kita dalam hal memanage waktu. Karena kalau kita sakit, jadwal yang sudah kita buat untuk keseharian nya pasti tidak akan berjalan lancer. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Bener ga guys? :D
Selain tips di atas, di sini saya juga akan membahas 3 faktor yang harus kita seimbangkan untuk terwujudnya tujuan kita, yaitu sebagai berikut :
a.       Akademik
Salah satu alasan menjadi mahasiswa adalah untuk menuntuk ilmu, maka dari itu akademik adalah hal utama yang harus kita jaga dan kita tingkatkan untuk mencapai cita-cita kita.
b.      Organisasi
Selain akademik yang harus kita seimbangkan, organisasipun tak kalah pentingnya. Karena salah satu manfaat dalam berorganisasi adalah untuk melatih kita dalam bersosialisasi kepada masyarakat luas, agar saat kita lulus dari bangku perkuliahan ini kita tidak lagi canggung saat berbaur dengan masyarakat.
c.       Rohani
Saat akademik sudah bagus dan dalam organisasipun sudah sangatlah aktif, namun rohani kita kering atau jauh dari Sang Pencipta, maka dalam sekejap semua itu akan sia-sia belaka. Jadi kita harus menyeimbangkan ketiganya, yaitu akademik,organisasi dan rohani kita, agar kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Berikut adalah factor yang menyebabkan tidak seimbangnya kita dalam memanage waktu :
1)      Tidak disiplin
2)      Lepas control terhadap kepentingan pribadi
3)      Bergaul dengan yang tidak baik
4)      Kurang mengerti tentang bersikap seimbang.
Mungkin hanya itu yang bisa saya bagi ke teman-teman. Jika admin ada salah silahkan tinggalkan komentar. Nantikan postingan-postingan selanjutnya… :)

~  RQ ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar